7 urutan Make up Untuk Kulit Berminyak Awet Sepanjang hari

Kulit berminyak adalah salah satu hal yang menjadi faktor makeup tidak tahan lama di wajah kita. Bagi mereka yang memang memiliki kulit berminyak, umumnya lebih cenderung kesulitan dalam menggunakan makeup.

Tapi sebenarnya ada cara untuk membuat makeup menjadi lebih tahan lama, loh. Kita memerlukan beberapa langkah khusus dalam mengaplikasikan makeup agar lebih tahan lama. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dicoba.

Tips Make Up Kulit Berminyak

1. Bersihkan Wajah Sebelum Makeup

Seperti biasa, langkah awal sebelum mengaplikasikan make up adalah tentunya kita harus lebih dahulu membersihkan wajah agar menghilangkan kotoran yang menempel di wajah. Sebaiknya mencuci wajah dilakukan dengan cara yang tepat. Pertama gunakan cleanser, lalu usapkan perlahan di wajah, terakhir gunakan sabun muka agar lebih bersih. Gunakan handuk dengan tekstur halus untuk mengelap wajah setelah mencuci muka.

2. Menggunakan Toner

Bagi kita kaum kulit berminyak, toner adalah salah satu siasat yang bisa digunakan untuk membantu masalah kita. Gunakan toner sebagai dasar sebelum menggunakan produk makeup lain. Selain dapat membantu mengembalikan pH kulit, toner juga dapat membantu untuk mengangkat sel kulit mati serta mengurangi minyak berlebih.

3. Menggunakan Essence

Essence dapat membantu kita dalam mencegah kulit menjadi lengket dikarenakan adanya minyak berlebih. Penggunaan essence ini sangat terasa jika memang essence yang digunakan yang dapat menekan produksi sebum. Untuk itu pilih essence dengan tepat dan pastikan cocok dengan kulit berminyak.

4. Menggunakan Pelembab yang Berkualitas

Kulit berminyak itu tidak sama dengan kulit lembab, karena minyak bukan merupakan pelembab alami. Pelembab dapat membantu kulit kita untuk lebih lembab setelah menggunakan pembersih wajah dan toner. Aplikasikan pelembab di wajah secara tipis dan merata sampai ke bagian bawah dagu dan leher.

5. Menggunakan Primer

Sebagai pengguna makeup, primer merupakan salah satu skincare yang wajib digunakan untuk kita yang memiliki kulit berminyak. Tujuan dari penggunaan primer ini sendiri adalah untuk membuat makeup menjadi lebih tahan lama. Ada baiknya memilih primer dengan label bebas minyak dan tidak membuat wajah menjadi mengilap. Fokuslah aplikasikan pada area T-zone yang biasanya memproduksi banyak minyak dibandingkan dengan bagian lainnya.

6. Menggunakan Foundation Bebas Minyak

Setelah menggunakan pelembab, selanjutnya aplikasikan foundation yang bebas minyak. Menggunakan foundation ini akan membuat tekstur kulit tampak lebih lembut dan juga cerah. Tidak perlu menggunakan fpundation yang terang, gunakan saja foundation yang memang sesuai dengan tone kulit. Selain itu pilih foundation yang water based sehingga menghindari adanya minyak berlebih di wajah. Biasanya jenis kulit berminyak lebih cocok untuk menggunakan produk matte karena lebih menyerap minyak dan pantulan cahaya rendah.

7. Mengaplikasikan Bedak Tabur

Terakhir adalah dengan mengaplikasikan bedak tabur di wajah setelah mengapikasikan foundation. Bedak ini akan meresap dengan sempurna di permukaan kulit. Jangan berlebihan dalam menggunakan bedak, karena ini dapat membuat pori-pori lebih banyak dalam memproduksi minyak. Untuk hasil lebih merata, ada baiknya menggunakan kuas yang khusus bedak dengan ukuran besar.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat kami berikan untuk makeup menjadi lebih tahan lama di kulit yang berminyak. Jika ingin lebih set lagi, gunakan setting spray untuk membantu mengunci makeup sehingga tidak lebih mudah luntur.

Jadi apakah sudah siap makeup hari ini?